Memilih HTML Editor Terbaik

Manusia tidak bisa luput dari kesalahan, namun ada peribahasa “Gajah di pelupuk┬ámata tak tampak, semut di seberang lautan tampak”. Peribahasa ini menggambarkan betapa mudahnya seseorang melihat kesalahan orang lain dibanding kesalahannya sendiri. Terus apa hubungannya dengan Memilih HTML Editor Terbaik?.

Kesalahan yang dilakukan manusia itu sangat beragam, termasuk ketika menulis kode HTML. Karena manusia cenderung sulit menemukan kesalahan sendiri, maka dalam kasus belajar HTML kita membutuhkan alat yang dapat membantu kita menunjukkan kesalahan dan syukur-syukur bisa membantu memperbaikinya. Karena dalam belajar HTML pastinya akan berhubungan dengan banyak sekali baris kode yang berisi tag-tag HTML maupun konten informasi yang akan kita sajikan dalam halaman web. Nah alat inilah yang kita sebut dengan HTML Editor.

Apa itu HTML Editor?

HTML Editor adalah sebuah program komputer (tool) yang digunakan untuk membuat sekaligus mengedit kode HTML. Pengertian HTML sendiri sudah dibahas dalam postingan sebelumnya tentang Pengertian HTML, Sejarah HTML dan Pentingnya Belajar HTML.

HTML Editor ini berberan penting dalam membuat pekerjaan seorang programmer lebih mudah dan cepat. Alasannya adalah karena HTML Editor memiliki banyak fitur otomatis seperti memasukkan tag pembuka dan penutup. Selain itu, terdapat fitur syntax highlight yang menunjukkan kode atau tag apa yang sedang dituliskan. Pada perkembangannya, fitur yang dihadirkan sebuah HTML editor bisa sangat banyak untuk memanjakan penggunanya.

Berbagai Jenis HTML Editor

Pada bagian ini akan saya uraikan beberapa HTML Editor yang populer sehingga nanti kalian dapat memilih HTML Editor Terbaik sesuai yang kalian inginkan. Beberapa HTML Editor atau yang lebih umum disebut Web Editor yang akan saya uraikan disini adalah Notepad++, Sublime Text, Atom, Visual Studio Code dan Dreamweaver.

Notepad++

HTML Editor pertama yaitu Notepad++. Notepad++ dapat berjalan pada sistem operasi Windows, sehingga jika ingin dijalankan di Linux membutuhkan aplikasi Wine. Kalian dapat mengunduh dan menggunakan editor ini dengan gratis tanpa membayar sepeserpun. Kunjungi situs resminya di https://notepad-plus-plus.org

Tampilan HTML Editor yang satu ini sangat sederhana namun memiliki fitur yang lumayan untuk mengedit HTML seperti syntax highlight dan juga autocomplete.

HTML Editor Notepad Plus ++

HTML Editor Notepad++

Sublime Text

HTML Editor berikutnya adalah Sublime Text. Sublime Text ini terkenal cukup ringan namun kaya fitur. Sublime Text dapat diinstall dan dijalankan pada semua sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac Os. HTML Editor ini dapat kalian unduh dengan gratis, namun jika ingin menggunakan terus menerus maka akan dikenakan biaya $80 USD untuk penggunaan personal (Dilihat tanggal 14/03/2020).

Dengan harga segitu, mungkin terlalu mahal untuk belajar, namun jika developer yang membutuhkan fitur-fitur hebat mungkin harga tersebut terhitung murah hehe… Fitur yang sangat hebat pada Sublime text adalah multiple selection yang memungkinkan kita membuat banyak perubahan dalam sekali edit Selain itu, Sublime Text juga memiliki beragam fitur otomatis seperti autosave, autocompletion dan masih banyak lagi. Kunjungi situs resminya di https://www.sublimetext.com.

HTML Editor Sublime Text

HTML Editor Sublime Text

Atom

HTML Editor berikutnya adalah Atom. Atom memiliki fitur Teletype yang memungkinkan beberapa web developer berkontribusi pada kode tertentu secara bersamaan. Selain itu, Atom Editor ini dikembangkan oleh orang-orang di belakang atau dibalik GitHub. Sehingga jelas hubungannya dengan Github sangat erat, dan kompatibilitasnya dengan Github tidak diragukan lagi.

Atom juga dapat diinstall dan dijalankan di Windows, Linux dan MacOS. Kalian dapat mendownload Editor Atom ini di situs resminya di https://atom.io

HTML Editor Atom

HTML Editor Atom

 

Visual Studio Code (VS Code)

HTML Editor berikutnya yaitu Visual Studio Code. Visual Studio Code memiliki semua fitur yang diperlukan untuk mengedit kode HTML dengan baik. Salah satunya adalah Intellisense yang berfungsi sebagai code suggestion berdasarkan konteks saat melakukan coding. Selain itu, Anda juga disuguhi fitur auto-closing tags agar menghasilkan kode HTML yang benar.

HTML Editor VS Code ini juga memiliki fitur Color Picker yang berguna untuk mengatur style HTML dan mouse hover yang memberikan informasi ketika kita mengarahkan kursor ke kode tertentu.

Visual Studio Code dikembangkan oleh perusahaan raksasa dalam bidang IT yaitu Microsoft. Namun, Visual Studio Code ini bisa digunakan oleh semua platform, tidak hanya Windows, namun juga dapat berjalan di Linux dan MacOS. Plus, Kalian dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis. Menuju situs resminya di https://code.visualstudio.com.

Visual Studio Code

Visual Studio Code

 

Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Cloud (sering disingkat Adobe Cc). Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Dreamweaver.

Dreamweaver ini bukan Editor Biasa. Salah satu fitur unggulannya adalah Dual View. kalian dapat dengan mudah beralih dari code view (tekstual) ke design view (WYSIWYG). Lalu, ada code suggestion dan code highlighting yang mustahil tidak disertakan dalam editor ini. Ingin mengerjakan banyak file sekaligus? Fitur Multiple Tabs yang terkoneksi antar file akan memudahkan dan mempercepat Anda dalam bekerja dan masih banyak fitur lainnya. Adobe Dreamweaver ini berjalan di Windows dan MacOS.

Namun sayangnya Adobe Dreamweaver ini tidak gratis. Harga Adobe Dreamweaver cukup mahal sehingga penulis juga tidak sanggup membelinya. Untuk menggunakannya kita harus membayar $20.99 per bulan.

HTML Editor Terbaik Pilihan Anda?

Dari uraian beberapa HTML Editor di atas, silahkan kalian menentukan sendiri HTML Editor Terbaiknya sesuai dengan selesa kalian. Untuk saya sendiri menentukan pilihan pertama pada Visual Studio Code dan kadang-kadang menggunakan Sublime Text.

Silahkan kalian boleh mencoba satu demi satu dari masing-masing HTML Editor di atas. Dan tuliskan pengalaman kalian dalam memilih HTML Editor kalian pada kolom komentar postingan ini ya…

Salam Ngoding….

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *