Perbedaan HTML dan HTML5

Dalam dunia IT termasuk dalam bidang pemrograman, perubahan atau update periodik sudah menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Bahkan tidak ada bahasa pemrograman yang tanpa update periodik atau tidak pernah diupdate. Termasuk juga HTML yang terus diupdate dari rilis pertamanya sampai sekarang sudah masuk ke HTML5.

Pada postingan sebelumnya tentang HTML telah diuraikan bahwa HTML atau Hyper-Text Markup Language dapat disebut sebagai bahasa utama World Wide Web. HTML telah mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu, dan saat ini, versi HTML terbaru adalah HTML5.

Perbedaan Utama HTML dan HTML5

  1. HTML5 telah mendukung audio dan video yang tidak ada pada HTML
  2. HTML tidak memungkinkan JavaScript untuk berjalan di latar belakang browser web sedangkan HTML5 menyediakan dukungan penuh untuk JavaScript dapat berjalan di latar belakang browser.
  3. Dalam HTML5, inline MathML dan SVG dapat digunakan dalam teks sedangkan hal ini tidak dapat dilakukan pada HTML.
  4. HTML5 mendukung jenis/tipe kontrol form baru seperti date, time, email, number, range, tel, url, search dll yang sebelumnya tidak ada pada HTML.
  5. Ada banyak elemen baru yang ditambahkan dalam HTML5. Beberapa yang paling penting adalah: summary, time, audio, details, embed, figcaption, figure, footer, header, article, canvas, nav, output, section, source, track, video, dll.

Selain perbedaan di atas, masih banyak perbedaan yang lain yang cukup penting untuk dipelajari. Perbedaan utama lainnya adalah:

(1) Deklarasi DOCTYPE : Dalam HTML, deklarasi DOCTYPE ditulis cukup panjang dibandingkan dengan yang ada di HTML5

HTML:

HTML5:

(2) Pengkodean Karakter: dalam HTML juga lebih panjang dan kompleks dibandingkan dengan HTML5

HTML:

HTML5:

(3) Dukungan Gambar Vektor:

HTML: Grafik Vektor memungkinkan di HTML dengan bantuan teknologi seperti VML, Silverlight, Flash dll.

HTML5: Grafik vektor adalah bagian yang terintegrasi dari HTML5 misalnya SVG dan kanvas

(4) Dukungan Dalam Hal Menggambar Bentuk (Shapes):

HTML: Tidak mungkin menggambar bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga.
HTML5: Kalian bisa menggambar bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga.

(5) Penyimpanan (Storage):
HTML: menggunakan cookie
HTML5: menggunakan penyimpanan lokal sebagai pengganti cookie

Pilih HTML atau HTML5?

Jawaban ini ada pendapat, jika pendapat ini kurang tepat menurut kalian silahkan saja, dan untuk memberikan saran silahkan kalian isi kolom komentar di bawah postingan ini. Namun ada beberapa hal penting untuk menentukan pilihan apakah HTML atau HTML5?. Selain dari ulasan di atas tentang perbendaan HTML dan HTML5, ada hal yang penting diketahui yakni: HTML berfungsi dengan baik dengan semua browser lama, sementara sebagian besar browser web modern sudah mulai mendukung spesifikasi HTML5. Browser ini termasuk: Firefox, Mozilla, Chrome, Opera, Safari, dll.

Jadi HTML lebih baik jika Kalian ingin merancang halaman web agar berfungsi untuk versi Browser Web yang lebih lama, tetapi saya akan selalu menyarankan Kalian untuk menggunakan HTML5 untuk mendesain halaman web Kalian.

Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *